Bahaya Menggunakan Bedak Pada Bayi

Bahaya Menggunakan Bedak Pada Bayi

Salah satu kebiasaan ibu-ibu adalah menaburkan bedak pada bayi sehabis mandi. Ini dilakukan untuk memberikan efek harum dan menjaga kebersihan pada bayi. Selain itu juga, menaburkan bedak pada bayi bertujuan untuk menghambat keluarnya keringat. Tapi tahukah anda, jika tidak diperhatikan penggunaannya dengan cara yang tepat maka justru akan berakibat buruk pada bayi. Lalu apa bahaya menggunakan bedak pada bayi?

Menurut penelitian dari tahun 1980 sebenarnya bedak tidak dianjurkan untuk bayi. Karena partikelnya sangat halus sekali sehingga bisa masuk ke bagian paru-paru yang paling dalam. Dimana hal tersebut bisa membuat sesak nafas, alergi, batuk-batuk dan pneumonia. Sedangkan menurut penelitian yang terbaru ternyata bedak mengandung talc. Talc merupakan sejenis bebatuan mineral yang didapat dari penambangan yang kemudian digiling dan menghasilkan butiran-butiran halus. Dalam prosesnya ada partikel mineral yang tertinggal. Partikel inilah yang membahayakan buah hati anda. Kandungan talc pada bedak dapat mengganggu hormon androgen (hormon kelaki-lakian) dan juga bisa mengakibatkan radang paru-paru.

Tips Menggunakan Bedak Pada Bayi :

  1.  Jangan memberikan bedak di daerah wajah. Karena dikhawatirkan bedak akan langsung terhirup oleh bayi.
  2.  Jangan memberikan bedak pada daerah kemaluan. Karena dikhawatirkan bedak dapat masuk melalui saluran kencing dan berakibat infeksi saluran kencing.
  3.  Usahakan partikel-partikel bedak jauh dari bayi. Untuk menghindari partikel bedak terhirup oleh bayi.
  4.  Sebelum membeli bedak, perhatikan kandungan dari bedak tersebut. Hindari yang mempunyai kandungan talc. Pilihlah bedak berbahan dasar cornstrach, karena cornstrach lebih aman.

Demikianlah bahaya pemakaian bedak pada bayi dan juga tips menggunakan bedak pada bayi. Semoga bermanfaat.. 🙂

Baca juga : cara merencanakan jenis kelamin pada anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!