Apakah Kopi Baik Untuk Anak Kecil?

Kopi merupakan salah satu minuman yang identik dengan orang dewasa. Sebelum memulai bekerja, sebagai pelengkap biasanya orang dewasa mengkonsumsi kopi. Minuman yang sudah menjadi komoditas dan dibudidayakan di lebih dari 50 negara ini memang banyak digemari oleh masyarakat. Secara umum, dua jenis kopi yang paling terkenal adalah kopi arabika (coffea arabica) dan kopi robusta (coffea robusta). Kopi memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti untuk meningkatkan stamina, mencegah kanker dan menjaga kesehatan mulut. Meskipun kopi banyak digemari oleh orang dewasa, tetapi saat ini tidak jarang juga anak-anak mengkonsumsi kopi. Nah, pertanyaannya adalah apakah kopi baik untuk anak kecil? berikut ini adalah penjelasannya.

Dikutip dari kidzworld.com, mengkonsumsi enam cangkir kopi dalam satu hari bisa mengurangi resiko penyakit alzheimer, kanker usus, parkinson, dan diabetes. Ada banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Namun pada saat yang sama, resiko penyakit jantung bisa meningkat jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi.

Apakah kopi baik untuk anak kecil? seorang peneliti yang fokus pada kopi dan dampaknya pada anak-anak yaitu Dr. Tomas De Paulis, menjelaskan bahwa sebenarnya kopi tidak terlalu buruk diminum oleh anak kecil. Karena menurut beliau, kopi bisa meningkatkan konsentrasi anak-anak dan bahkan berguna apabila anak mengkonsumsi kopi sebelum ujian sekolah. Sementara itu pada penelitian yang lain di Brazil, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak minum kopi dan susu pada pagi hari, anak-anak yang mengkonsumsi kedua minuman tersebut akan terhindar dari depresi.

Dibalik sisi manfaat kopi untuk anak kecil, tetapi perlu anda perhatikan juga bahwa kopi mempunyai efek buruk karena jumlah kafeinnya. Kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan masalah pada saraf dan jantung serta lebih berpeluang hiperaktif. Lebih jauh, kafein juga bisa menyebabkan anak kecanduan.

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan apakah kopi baik untuk anak kecil?. Anda boleh memberikan kopi pada anak asalkan tidak berlebihan, disarankan memberikan kopi pada anak hanya secangkir kecil dalam satu minggu. Ini untuk menjaga agar kebaikan kopi tidak merusak kesehatan anak anda. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!