Apa Itu Encopresis Pada Anak?

Apa itu Encopresis? encopresis merupakan masalah yang biasanya di alami oleh anak-anak setelah mereka mengalami sembelit, atau bisa dikatakan sebagai masalah baru yang bisa timbul setelah anak mengalami sembelit. Kondisi anak saat tidak bisa menahan BAB dapat dikelompokan sedang mengalami encopresis, tinja (BAB) yang dikeluarkan jumlahnya normal (seperti biasa) tetapi tempatnya bisa dimana saja, termasuk saat masih memakai celana. Encopresis juga biasa disebut sebagai Nonretentive Fecal Incontinence. Sedangkan jika tinja yang keluar dalam jumlah sedikit (menyebabkan flek), tidak disadari, dan biasanya terjadi lebih sering maka disebut dengan istilah Soiling (overflow faecal incontinence).

Meskipun belum diketahui secara pasti, tetapi banyak kasus yang membuktikan bahwa anak laki-laki enam kali lebih beresiko mengalami encopresis dibandingkan dengan anak perempuan. Anak-anak yang mengalami encopresis dapat mempengaruhi kondisi psikologis mereka seperti jadi lebih pendiam, malas bermain, malas sekolah dan menghindari teman-temannya. Untuk melengkapi penjelasan mengenai apa itu encopresis? berikut ini adalah gejala dan cara menangani anak yang menderita encopresis.

Gejala Atau Tanda Encopresis Pada Anak

Kriteria diagnosis encopresis, jika didapatkan semua gejala/tanda berikut ini pada anak usia di atas 4 tahun setidaknya selama 2 bulan:

  1. BAB di tempat yang tidak seharusnya setidaknya 1 kali dalam 1 bulan.
  2. Tidak ada kelainan anatomi, metabolisme, peradangan, atau keganasan yang berhubungan dengan keluhan anak.
  3. Tidak ditemukan retensi tinja.

Penanganan Encopresis Pada Anak

Perawatan yang dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan, membiasakan anak menggunakan toilet secara rutin, dan jika didapatkan masalah tingkah laku maka sebaiknya dirujuk ke tenaga ahli yang bersangkutan. Karena menurut Benniga et. al. (20114) dalam Journal of Gastroenterology (2006), anak dengan encopresis mempunyai masalah tingkah laku dibandingkan dengan anak yang tidak mengalami kondisi tersebut.

Itulah penjelasan mengenai apa itu encopresis beserta gejala-gejala yang ditimbulkan dan cara mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!