Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Cara Mengatasinya

Selain ketombe dan kutu, rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang baik itu pria ataupun wanita. Rambut rontok sering kali membuat kita khawatir dan cemas. Bagaimana tidak, kita seringkali menemukan banyak rambut pada handuk, bantal, sisir atau bahkan di saluran pembuangan kamar mandi. Rambut rontok pasti dialami oleh setiap orang, hanya saja tingkat keparahannya saja yang berbeda. Jika anda termasuk yang mengalami kerontokan rambut parah, anda wajib mengetahui penyebabnya sebelum mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Lantas, apa saja penyebab rambut rontok parah dan berlebihan? berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya.

Trichotillomania

Dikelompokkan dengan masalah kontrol impuls, yang mengakibatkan seseorang menarik rambut dengan berlebihan. Umumnya, ketika dalam kondisi cemas dan stres mereka mulai memainkan, memilin dan menarik rambut. Dibandingkan dengan pria, Trichotillomania empat kali lebih umum terjadi pada wanita, dan biasanya gangguan ini dimulai sebelum usia 17 tahun. Gangguan ini benar-benar bisa menyebabkan rontok parah, jadi hentikan aktifitas seperti ini dengan melakukan kesibukan yang positif.

Overstyling

Penataan rambut selama bertahun-tahun seperti menggunakan panas tinggi pada rambut, melakukan pelurusan rambut dengan bahan kimia ataupun dikepang ketat bisa memicu rambut rontok parah. Treatment seperti itu bisa mempengaruhi akar rambut, maka dari itu overstyling menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya yang disarankan oleh American Academy of Dermatology yaitu dengan menggunakan kondisioner sesudah keramas, diamkan rambut sampai kering alami, dan ketika menata rambut batasi pemakaian alat dengan panas tinggi.

Berat Badan Yang Menurun Secara Dramatis

Rambut bisa menipis akibat dari menurunnya berat badan secara drastis yang berhubungan dengan trauma fisik. Selain itu, ada kemungkinan juga berat badan turun drastis karena diet tidak seimbang sehingga tubuh kekurangan nutrisi tertentu dan rambut tidak ternutrisi dengan baik. Rambut rontok parah juga bisa menjadi salah satu gejala gangguan makan seperti bulimia dan anoreksi.

Kekurangan Vitamin B

Kurangnya asupan vitamin B pada tubuh menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya dengan mengkonsumsi vitamin B alami seperti buah-buahan non-jeruk, sayuran berumbi, daging dan ikan. Makanlah dengan seimbang dan perbanyak sayuran ataupun buah, serta lemak sehat dan protein yang baik untuk kesehatan rambut dan tubuh secara keseluruhan.

Anemia

Karena kekurangan zat besi, nyaris 1 dari 10 perempuan berumur 20 sampai 49 tahun mengalami anemia. Anemia merupakan penyebab rambut rontok yang gampang diatasi. Tes darah akan dilakukan oleh dokter terlebih dahulu sebelum anda dinyatakan menderita anemia atau tidak. Setelah itu dokter akan memberikan suplemen yang bisa membantu mengurangi rambut rontok parah.

Stres Emosional

Rambut rontok tetap bisa terjadi meskipun stres emosional tidak cenderung menyebabkan rambut rontok. Salah satu dokter kulit di New York City yaitu Marc Glashofer, MD, menjelaskan bahwa rambut rontok parah bisa terjadi karena adanya stres emosional. Atasi masalah ini dengan melakukan olahraga, mengurangi cemas dan stres, terapi dan dapatkan support dari orang-orang terdekat.

Kekurangan Protein

Mengapa kekurangan protein menyebabkan rambut rontok? pertumbuhan rambut akan terhenti secara otomatis jika tubuh kekurangan protein. Berdasarkan penjelasan dari American Academy of Dermatology, hal ini bisa terjadi kurang lebih dua sampai tiga bulan sesudah asupan protein menurun. Nah, itulah kenapa kekurangan protein menjadi penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan protein tubuh. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, daging dan ikan. Atau jika anda vegetarian, anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan protein.

Konsumsi Vitamin A Yang Berlebihan

Dijelaskan oleh American Academy of Dermatology, rambut rontok parah bisa dipicu oleh berlebihnya asupan vitamin A yang terdapat pada obat-obatan atau suplemen yang anda konsumsi. Orang dewasa memerlukan asupan vitamin A harian sebanyak 5000 IU, sedangkan anak-anak diatas usia 4 tahun sebanyak 2500-10000 IU. Cara mengatasinya, anda cukup menghentikan pemakaian obat atau suplemen yang mengandung vitamin A terlalu banyak.

Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu contoh stres fisik yang dapat memicu rambut rontok berlebihan. Tetapi umumya rambut akan mulai rontok pasca melahirkan. Menurut dokter Marc, apabila hal ini menjadi penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya tidak perlu anda cari, karena rambut akan kembali tumbuh dengan sendirinya.

Trauma Fisik

Perubahan drastis pada tubuh seperti menderita penyakit parah, mengalami kecelakaan, sesudah menjalani operasi atau bahkan flu bisa menjadi penyebab rambut rontok. Menurut dokter Marc, siklus yang dimiliki rambut yaitu tumbuh, menetap dan rontok bisa terganggu jika tubuh mengalami stres. Rambut menjadi lebih cepat mencapai fase rontok. Kerontokan rambut biasanya akan terjadi tiga sampai enam bulan sesudah trauma. Anda tidak perlu repot-repot mencari bagaimana cara mengatasinya karena rambut akan tumbuh dengan sendirinya seiring membaiknya kondisi tubuh.

Itulah tadi beberapa penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!