Manfaat Telur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sudah dari zaman dahulu kala telur merupakan salah satu makanan pokok bagi orang indonesia bahkan mungkin di dunia. Karena memang banyak sekali kandungan mineral, zat besi, vitamin dan kandungan gizi yang tinggi. Bagi sebagian orang, telur merupakan makanan yang menakutkan karena mengandung kolesterol jahat yang tidak baik bagi tubuh. Sedangkan bagi orang-orang yang mempunyai masalah kelebihan berat badan, telur akan sangat dihindari sekali karena memang telur mengandung 80 kalori dan 5 gr lemak dalam 1 butir telur. Sebenarnya asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, telur sangat baik sekali bagi tubuh dan kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat telur untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak. Selain oleh sel, otak juga dibangun oleh susunan saraf. Kuning telur mengandung kandungan asam amino (AA) DHA, klorin ( sejenis mineral yang akan membangun beberapa struktur sel-sel otak dan saraf ).
  2. Menguatkan Tulang Dan Gigi. Kuning telur mempunyai kandungan vitamin A, D, E, K dan B6. Yang dimana vitamin tersebut berguna sekali untuk menguatkan tulang dan gigi. Terutama wanita yang sedang hamil untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang sedang dikandungnya. Dan juga anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  3. Sebagai Pembentukan Sel Penyusun Hormon Pria. Karena kandungan kolesterol pada kuning telur merupakan sel penyusun hormon pria (testosteron).
  4. Penunda Lapar ( kenyang lebih lama ). Makan 1 butir telur lebih baik dari helai roti gandum.
  5. Sebagai Masker. Masker kuning telur berfungsi untuk menunda penuaan dini ( anti aging ) pada kulit wajah. Selain itu juga masker kuning telur berfungsi untuk menutrisi kulit dan mempercepat mengeringkan jerawat. Masker kuning telur cocok untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan kering.

Cara Membuat Dan Menggunakan Masker Kuning Telur

  1. Pisahkan tiga butir kuning telur.
  2. Kocok hingga rata.
  3. Oleskan secara merata di wajah ( hindari penggunaan masker pada bagian kelopak mata dan area bibir ).
  4. Diamkan hingga 20-30 menit
  5. Setelah itu cuci dan bersihkan wajah hingga merata.

Selain beberapa manfaat telur untuk kesehatan dan kecantikan yang telah disebutkan diatas, kita sering juga mendengar bahwa mengkonsumsi telur mentah akan membuat kita sehat. Padahal hal tersebut tidak benar sama sekali karena mengkonsumsi telur mentah akan berbahaya karena mengandung salmonella, toxoplasma, sitomegalovirus. Kandungan tersebut bisa menyebabkan penyakit di dalam tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat telur untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui. Walaupun telur sangat baik bagi tubuh, tetapi apabila anda mengkonsumsi telur secara berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan anda. Karena sejatinya, kebutuhan tubuh manusia akan kolesterol maksimal hanya 350 mg/hari. Sedangkan kandungan kolesterol dari telur adalah 180-200 mg/ butir. Jadi, cukuplah dengan mengkonsumsi maksmial 3 telur per hari.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!