Kebiasaan Yang Bisa Membuat Rambut Rusak

Rambut merupakan mahkota wanita. Selain berfungsi untuk melindungi kepala dari sinar matahari, rambut juga bisa membuat seseorang jadi lebih cantik dan mempesona. Maka dari itu, menjaga kesehatan dan kecantikan rambut sangatlah penting. Agar rambut selalu sehat dan tampak cantik, anda bisa memulainya dengan cara sederhana yaitu dengan mengkonsumsi makanan kaya protein seperti telur, kacang, umbi dan lain-lain yang baik untuk kesehatan rambut. Selain itu, hindari juga aktivitas atau kebiasaan yang bisa membuat rambut rusak. Lantas, apa saja kebiasaan yang dapat merusak rambut? yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya, rambut juga perlu bernafas atau jeda waktu. Jika anda terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut, maka yang terjadi adalah rambut akan mengalami kejenuhan karena terkontaminasi berbagai macam bahan kimia. Dengan begitu, rambut menjadi tidak sehat dan mudah rusak.

Menyisir Saat Rambut Basah

Kebiasaan yang bisa membuat rambut rusak berikutnya adalah menyisir rambut saat masih basah. Saat kondisi basah, rambut jadi mudah rapuh. Jadi jika anda menyisir saat rambut basah, rambut jadi gampang rontok. Untuk mengatasinya, tunggulah rambut hingga kering baru menyisir. Atau jika anda tidak bisa menunggu, pakailah sisir yang agak renggang.

Terlalu Sering Memakai Hair Dryer

Biasanya Hair Dryer digunakan saat menata rambut. Tetapi ingat, pengering rambut ini sebaiknya tidak dipakai terlalu sering. Mengapa? karena panas yang dikeluarkan oleh Hair Dryer akan menyerap kandungan air pada rambut sehingga rambut menjadi kering dan mudah patah. Jadi, jika anda ingin menggunakan Hair Dryer sebaiknya jangan terlalu sering ya.

Mencuci Rambut Setiap Hari

Kebiasaan yang bisa membuat rambut rusak selanjutnya adalah mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut memang penting, tapi jika berlebihan akan menyebabkan rambut kehilangan minyak alami dan tidak berkilau lagi. Selain itu, warna alami rambut juga akan mudah pudar jika anda terlalu sering mencuci rambut. Mencuci rambut cukup 2 atau 3 hari sekali saja. Namun bagi anda yang rutin berolahraga, anda bisa mencuci rambut setiap hari dengan cara hanya membilasnya menggunakan air biasa dan pakai conditioner di ujung-ujung rambutnya.

Pakai Conditioner Berlebihan

Banyak yang salah kaprah tentang bagaimana pengggunaan conditioner yang benar. Saat ini, tidak sedikit orang yang menggunakan conditioner pada seluruh permukaan rambut. Padahal, conditioner hanya digunakan pada bagian ujung rambut karena memang bagian itulah yang membutuhkan conditioner. Apabila anda terlalu banyak menggunakan conditioner, hal ini justru akan membuat rambut lebih mudah rusak.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat rambut rusak. Jika anda sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, sebaiknya anda harus rubah kebiasaan tersebut jika ingin rambut yang sehat dan tampak cantik. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!