Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Muka

Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik, tentu semua wanita menginginkannya bukan? cantik identik dengan wajah yang bersih dan mulus. Agar mempunyai wajah yang bersih dan terbebas dari masalah wajah seperti jerawat, ada beberapa aktifitas yang wajib anda lakukan setiap hari dan salah satunya adalah mencuci muka. Ya, mencuci muka memang sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan wajah. Mencuci muka tentu bukanlah pekerjaan sulit bukan? anda hanya perlu menggunakan pembersih muka, air, kemudian bilas. Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci muka agar terhindar dari masalah kulit seperti kulit berminyak, kulit kering, iritasi dan jerawat. Lantas, apa sajakah hal yang perlu perhatikan? berikut ini penjelasannya.

Menggosok Wajah Secara Perlahan

Menggunakan butiran scrub untuk membersihkan wajah memang tidak dilarang. Tetapi ingat, jangan sampai berlebihan. Eksfoliasi yang dilakukan setiap hari bisa beresiko membuat kulit kemerahan dan iritasi. Jika anda menggunakan produk dengan scrub, bacalah instruksi penggunaan pada scrub tersebut mengenai seberapa sering produk tersebut boleh digunakan. Penting juga untuk menggosok wajah secara perlahan dengan gerakan memutar jika anda menggunakan face scrub. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulit wajah rusak.

Jangan Terlalu Sering Mebersihkan Wajah

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci muka berikutnya adalah jangan terlalu sering membersihkan wajah. Mengapa? karena resiko munculnya masalah kulit kering dan iritasi kulit akan lebih besar jika anda terlalu sering mencuci muka. Meskipun belum ada aturan pasti berapa kali mencuci wajah dalam sehari, namun mencuci wajah dua kali sehari yaitu saat pagi dan sebelum tidur bisa dikatakan sudah cukup ideal. Anda bisa menambah mencuci muka sebelum dan sesudah olahraga jika anda rutin berolahraga.

Jangan Menggunakan Sabun Mandi

Tidak salah jika anda menggunakan sabun dan air untuk mencuci wajah. Tetapi akan menjadi salah jika sabun yang anda gunakan adalah sabun mandi. Ingat, sabun mandi dibuat tidak untuk wajah. Sabun mandi bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan kasar. Selain itu, pH pada sabun mandi juga belum tentu baik untuk wajah. Jadi, untuk kebutuhan kulit wajah anda, pilihlah face cleanser yang tepat.

Cuci Tangan Sebelum Mencuci Wajah

Hal yang harus diperhatikan saat mencuci muka yang berikutnya adalah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah. Mengapa? karena wajah malah akan bermasalah jika anda lupa mencuci tangan. Tangan merupakan anggota tubuh yang melakukan kontak langsung dengan benda-benda disekitar seperti uang, pegangan anak tangga, laptop, ponsel, dan lain-lain yang mungkin banyak terdapat bakteri atau kuman.

Bersihkan Wajah Dari Make Up Terlebih Dahulu

Banyak ahli kecantikan yang menyarankan melakukan double cleansing sebelum anda mulai membersihkan wajah menggunakan face wash. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan masih adanya kotoran yang menempel jika anda langsung membersihkan wajah padahal anda menggunakan make up.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci muka. Sekian dan semoga bermanfaat.


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Muka

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!