Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Kulit yang sehat adalah salah satu modal untuk hidup sehat. Selain modal hidup sehat, kulit yang sehat juga menjadi salah satu modal untuk menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Mewujudkan kulit yang sehat sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh dan salah satunya menggunakan bahan alami. Hal itu dapat dilakukan dengan perawatan kesehatan kulit yang dapat dilakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan kulit secara alami.

Langkah Sederhana Kesehatan Kulit

Tidur merupakan salah satu langkah yang mudah untuk perawatan kesehatan kulit. Biasakanlah untuk tidur tujuh jam dalam satu hari. Jika kurang tidur, kulit akan menerima dampaknya. Kulit akan menjadi kusam dan terkena dehidrasi. Selain itu, perbanyaklah minum air putih. Bila tubuh kurang cairan, ini juga akan berdampak pada kulit. Air yang cukup dalam tubuh akan membantu kulit untuk terhindar dari kerutan. Biasakan diri untuk mandi sehari dua kali. Mandi membersihkan kulit dan menjaga kulit dari berbagai kuman dan bakteri. Gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 45, khususnya bila berada di luar rumah. Perawatan kesehatan kulit dengan tabir surya ini wajib dilakukan untuk perlindungan kulit dari sinar matahari yang bisa menjadi salah satu penyebab kanker kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, jangan biasakan memencet jerawat yang muncul pada wajah. Selain itu, jangan biasakan untuk menyentuh wajah dengan tangan jika tangan kotor. Karena bakteri dan kuman yang ada di tangan akan berpindah pada wajah.

Makanan Untuk Kesehatan Kulit

Cara menjaga kesehatan kulit secara alami berikutnya adalah konsumsi makanan yang sehat. Teh hijau memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan DNA. Bila sudah terjadi kerusakan, teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan dapat membantu memperbaikinya. Yogurt rendah lemak juga merupakan salah satu sumber vitamin A. Vitamin A ini menghasilkan kolagen yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kulit dari kerusakan. Jenis Ikan seperti tuna dan salmon merupakan sumber omega 3 yang dapat membantu melawan efek radiasi sinar ultraviolet terhadap kulit. Antioksidan dalam ikan dapat mencegah kulit keriput dan kendur. Biji-bijian yang mengandung vitamin B juga bermanfaat untuk pertahanan kulit terhadap kerusakan. Zat mikro seperti seng dan magnesium membantu menjaga kulit tetap sehat. Antioksidan juga terdapat pada kunyit dan beragam buah yang mengandung vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis. Vitamin C diketahui juga dapat melawan radikal bebas dan memperbaiki kulit yang rusak. Perawatan kesehatan kulit dimulai dari diri sendiri dan hal itu penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan kulit secara alami. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!