Cara Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Sunburn atau yang biasa disebut dengan istilah kulit terbakar merupakan suatu masalah yang kerap kali dialami oleh orang yang tinggal di daerah tropis. Sunburn merupakan suatu kondisi dimana kulit akan terasa terbakar dan menjadi gelap akibat dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Kulit bisa terbakar kapan saja, terutama ketika tidak dilindungi pakaian atau pelindung lainnya dan SPF lotion. Tetapi biasanya, masalah kulit terbakar lebih rentan dialami oleh orang yang mempunyai kulit cerah dibandingkan dengan mereka yang mempunyai kulit gelap. Jika tidak segera diatasi, kulit terbakar akan menimbulkan peradangan pada kulit. Lantas, bagaimana mengatasinya? berikut ini adalah tips atau cara mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mandi dengan air dingin supaya temperatur kulit menurun. Setelah itu, keringkan badan dengan cara menepuk-nepuk handuk pada kulit. Ingat, jangan terlalu kering dan usahakan kulit anda tetap lembab dengan cara mengoleskan pelembab.
  • Cara mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari berikutnya adalah banyak mengkonsumsi air putih atau air yang mengandung elektrolit. Hal ini bertujuan supaya kulit tidak mengalami dehidrasi dan mengembalikan vitalitas tubuh.
  • Tips berikutnya, anda bisa mengoleskan lidah buaya pada bagian kulit yang perih akibat terbakar sinar UV. Lidah buaya mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa terbakar dan memberikan efek menenangkan.
  • Jika kulit terbakar sampai melepuh hingga timbul gelembung-gelembung berisi air, sebaiknya jangan pecahkan gelembung tersebut. Tunggulah hingga gelembung tersebut mengempis dengan sendirinya. Karena dengan memecahkan gelembung tersebut akan meningkatkan resiko infeksi kulit.
  • Tips mengatasi kulit terbakar sinar matahari yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menggunakan scrub ketika kulit masih terasa nyeri akibat sunburn. Karena scrub malah akan membuat kulit anda kering dan semakin parah.
  • Cara mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari selanjutnya adalah dengan menghubungi dokter. Jika kulit anda tidak membaik dan masih terasa kurang nyaman. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter ahli. Karena biasanya dokter akan memberikan anti-inflamasi untuk kulit anda.

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Agar terhindar dari masalah kulit terbakar sinar UV, anda sangat disarankan menggunakan lotion Vaseline Healthy Sunblock SPF 30. Lotion tersebut sangat ampuh untuk melembabkan dan mencegah pembentukan melanin yang diakibatkan paparan sinar matahari. Selain itu, lotion ini mampu memperbaiki kulit kering dan membuat kulit anda lebih sehat karena mengandung extract aloe vera, yoghurt protein, broad spectrum sunscreen PAA++ dan SPF 30. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!