Cara Mencegah Bintik Hitam Bekas Cukur Bulu Kaki

Masalah bintik hitam atau noda hitam bekas cukuran pasti pernah dialami oleh wanita dengan kulit cerah dan putih. Biasanya dihari berikutnya akan timbul bintik-bintik hitam di kulit sesudah bercukur meskipun pada saat bercukur kulit tampak bersih dan halus. Parahnya, bintik hitam tersebut tidak bisa hilang dalam hitungan hari dan membuat kulit terlihat jelek. Salah satu dokter dari The Center of Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery yaitu Dr. David E. Bank mengungkapkan bahwa bintik-bintik hitam dikulit tersebut merupakan bagian dari batang rambut yang tertinggal di folikel. Untuk mencegah hal tersebut terjadi? berikut ini adalah cara mencegah bintik hitam bekas cukur bulu kaki.

Oleh orang barat, bintik hitam akibat bercukur sering juga disebut dengan “strawberry legs”. Ini karena bintik hitam di kulit menyerupai dengan bintik hitam pada buah strawberry. Tidak salah memang, karena bintik tersebut terlihat jelas pada wanita dengan kulit lebih terang dan putih.

Resiko iritasi memang lebih besar terjadi pada seseorang yang mempunyai kulit sensitif. Pada saat mencukur, kulit akan terluka dan pembengkakan atau inflamasi terjadi berulang kali. Efeknya, bagian kecil folikel kulit terkelupas dan menimbulkan bekas luka. Nah, itulah yang menjadi penyebab timbulnya bintik hitam sesudah bercukur.


penghilang bulu/waxing

 

Langkah pertama dari cara mencegah bintik hitam bekas cukur bulu kaki yaitu gunakan scrub atau lotion untuk menggosok kulit dari sel-sel kulit mati. Kemudian untuk membuka pori-pori kulit agar bulu atau rambut mudah dicukur, rendam kaki di dalam air hangat selama 5 menit. Pakailah mata pisau baru yang masih bersih dan tajam dan jangan mencukur di area yang sama berulang kali karena bisa memperbesar resiko luka di kulit. Sesudah bercukur, oleskan lotion atau krim pelembab di kulit sambil melakukan pijatan supaya lotion meresap.

Itulah tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mencegah bintik hitam bekas cukur bulu kaki. Cara terbaik untuk menghindari bintik hitam memanglah menggunakan cara laser dan waxing yang lebih efektif menghilangkan bulu kaki. Namun jika anda mencukur, anda perlu trik yang tepat agar bintik hitam di kaki tidak muncul. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Mencegah Bintik Hitam Bekas Cukur Bulu Kaki

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!