Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menyusui

Sebagian wanita mungkin mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui meskipun banyak juga yang dengan mudah dapat menurunkan berat badan mereka secara alami. Contoh yang paling mudah adalah artis-artis yang bisa kembali langsing dengan cepat setelah mereka melahirkan dan menyusui. Jika anda pergi ke dokter dan berkonsultasi, mungkin dokter akan menghitung berapa banyak body indeks yang anda perlukan serta menyarankan diet yang berbeda. Terkadang untuk bisa kembali ke bentuk tubuh seperti semula, diperlukan waktu sekitar 18 bulan. Tetapi anda jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips menurunkan berat badan setelah menyusui secara mudah dan cepat.

Hindari Diet Ketat

Dilansir oleh familydoctor.org, dalam seminggu sebaiknya proses menurunkan berat badan untuk ibu setelah melahirkan dan menyusui tidak lebih dari 1 kg. Cara yang baik untuk memulai proses menurunkan berat badan adalah dengan olahraga dan mengurangi asupan kalori. Hindari mengimplementasikan diet ekstrem atau diet ketat seperti diet jus atau diet tanpa karbohidrat karena jenis diet ini dapat mengakibatkan massa otot menghilang dari tubuh.

Atur Pola Makan Sehat

Efek lain dari diet ekstrem atau diet ketat adalah memperlambat proses penyembuhan, yang mana hal ini sangat penting bagi anda yang baru saja melahirkan dan menyusui. Mengatur pola makan sehat merupakan tips menurunkan berat badan setelah menyusui yang sangat disarankan daripada harus melakukan diet ketat. Mulailah mengkonsumsi makanan-makanan sehat dengan menjadikan buah dan sayur sebagai menu utama. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih karena air putih dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama serta membantu pembakaran kalori.

Olahraga

Untuk mempercepat menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui, pebanyaklah olahraga karena kalori yang dibakar akan semakin banyak jika anda rajin olahraga. Anda tidak perlu ke gym untuk berolahraga karena pasti sangat sibuk mengurus anak yang masih kecil. Jadi, anda bisa melakukan olahraga di depan tv atau di ruang tamu, naik turun tangga, berkebun, dll.

Lakukan Program Detoksifikasi

Tips menurunkan berat badan setelah menyusui berikutnya adalah dengan melakukan program detoksfifikasi. Tujuan utama dari detoksifikasi adalah menetralkan racun atau toksin yang terdapat di dalam tubuh. Racun atau toksin ini merupakan penyebab kegemukan dan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, liver, jantung dan lain-lain. Maka dengan melakukan detoksifikasi, tubuh akan jadi lebih sehat dan langsing. Selain itu, program ini tidak mengharuskan anda berolahraga meskipun hasilnya akan lebih maksimal jika anda berolahraga.

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan setelah menyusui. Mendapatkan bentuk badan kembali seperti sebelum melahirkan dan menyusui memanglah tidak mudah, terlebih lagi dengan kesibukan mengurus anak. Tapi akan selalu ada cara dan jalan jika anda benar-benar berusaha dan bersungguh-sungguh. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!