Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Pada zaman sekarang ini kelebihan berat badan atau obesitas merupakan fenomena yang umum terjadi. Karena menurut laporan WHO tahun 2014, sebanyak 25% penduduk di Asia mengalami kelebihan berat badan. Penyebab kelebihan berat badan ini bermacam-macam, tapi umumnya disebabkan karena pengelolaan berat badan yang kurang baik. Selain memperhatikan asupan makanan, memperhatikan pola hidup secara keseluruhan juga diperlukan agar berat badan tetap sehat dan ideal. Dikutip dari laman www.everydayhealth.com, berikut ini ada beberapa cara atau tips menjaga berat badan agar tetap stabil yang bisa anda lakukan.

Cukup Tidur

Untuk membantu mengelola berat badan, ternyata tidur yang cukup juga bisa menjadi faktor penentu. Selain membantu menjaga berat badan, tidur yang cukup juga dibutuhkan agar kesehatan tetap terjaga. Disarankan tidur selama 7-8 jam setiap malam. Tidak hanya kuantitas saja yang perlu dipenuhi, tetapi juga kualitas tidur yang baik harus didapatkan.

Manajemen Stres

Tips menjaga berat badan agar tetap stabil berikutnya adalah manajemen stres, karena salah satu penyebab kegemukan adalah tingkat stres yang tinggi. ‘Emotional eating’ atau kecenderungan tidak bisa mengontrol asupan makanan (makan berdasarkan keinginan bukan kebutuhan) bisa terbentuk saat anda mengalami stres.

Kebiasaan Makan

Apa yang anda makan dan kapan anda makan adalah dua hal yang sama-sama penting. Maka dari itu, penting sekali untuk mengatur kebiasaan waktu makan. Disarankan makan siang sebelum jam 3 sore. Sedangkan untuk makan malam, dianjurkan 4 jam sebelum tidur.

Program Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun atau toksin penyebab kegemukan dari dalam tubuh. Selain mencegah kegemukan, detoksifisi juga bisa mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti stroke, jantung koroner, diabetes, dll. Lakukanlah program detoksifikasi minimal satu kali dalam setahun agar berat badan anda sehat dan ideal.

Pola Makan

Menjaga pola makan bukan hanya diimplementasikan ketika diet saja. Juga bukan hanya menghitung kalori yang keluar dan masuk, tetapi juga mengontrol asupan karbohidrat, lemak dan protein agar tetap seimbang. Karena tiap orang membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh. Cara mengatur pola makan agar berat badan tetap stabil ada dua cara, yaitu pola makan rendah lemak dan pola makan rendah karbohidrat.

Itulah beberapa cara atau tips menjaga berat badan agar tetap stabil. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!