Tips Langsing Saat Puasa Di Bulan Ramadhan

Umumnya, di bulan ramadhan berat badan seseorang akan turun. Hal iniĀ  terjadi karena seorang muslim menjalankan ibadah puasa yang mana mewajibkan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman di siang hari. Dengan begitu, maka asupan makanan akan berkurang sehingga berat badan menjadi turun. Tetapi ada sebagian orang yang justru mengalami kenaikan berat badan ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Biasanya yang menjadi penyebab utama berat badan seseorang naik saat puasa di bulan Ramadhan adalah makan yang tidak terkontrol ketika makan sahur dan berbuka. Nah, untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih ketika sahur dan berbuka, berikut ini adalah beberapa tips langsing saat puasa di bulan Ramadhan yang dikutip dari lifehack.org.

Konsumsi Protein

Tips langsing saat puasa di bulan Ramadhan yang pertama adalah mengkonsumsi protein. Karena perut kita tidak akan mudah lapar jika mengkonsumsi protein. Jadi, perhatikanlah kecukupan protein untuk tubuh pada menu berbuka dan sahur anda. Jika tubuh mendapatkan protein yang cukup, maka kita pun tidak akan kalap saat menyantap menu sahur dan berbuka.

Konsumsi Gula Dan Makanan Rendah Kalori

Makan yang manis memang dianjurkan saat berbuka puasa. Tetapi ingat, jangan berlebihan dan harus dibatasi. Karena berat badan bisa naik jika konsumsi kalori berlebihan. Jadi, pilihlah gula dan makanan yang rendah kalori agar tubuh anda tetap langsing selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Gosok Gigi

Tips langsing saat puasa di bulan Ramadhan yang berikutnya adalah gosok gigi. Karena alasan takut mengotori gigi, biasanya kita akan malas makan jika sudah menggosok gigi. Nah, kita bisa memakai trik ini agar tidak makan berlebihan saat puasa di bulan Ramadhan. Caranya, gosoklah gigi anda sesudah berbuka dan sebelum shalat tarawih. Dengan begitu, maka nafsu makan pun bisa ditekan. Selain bisa mengontrol nafsu makan, menggosok gigi juga membuat bau mulut menjadi lebih segar.

Minum Air Putih

Otak bisa saja keliru menterjemahkan antara sinyal tubuh merasakan haus dan sinyal tubuh merasakan lapar. Karena kedua sinyal tubuh tersebut memanglah sangat mirip. Jadi sebelum anda makan besar, cobalah minum air putih terlebih dahulu saat anda merasa lapar. Nah, di bulan Ramadhan ini, sebelum anda mengkonsumsi takjil atau makan besar, disarankan minum segelas air putih terlebih dahulu.

Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara yang diyakini dapat mengatasi rasa lapar adalah mengunyah permen karet. Jadi, kunyahlah permen karet di saat berbuka puasa sesudah anda mengkonsumsi makanan yang manis-manis agar berat badan tidak naik saat puasa. Dengan melakukan hal tersebut, maka nafsu makan anda bisa dikontrol dengan baik.

Itulah beberapa tips langsing saat puasa di bulan Ramadhan. Pada intinya adalah jika anda bisa mengendalikan nafsu makan dengan baik entah itu ketika berpuasa, berbuka dan sahur, maka berat badan andapun akan terjaga dengan baik dan bisa lebih kurus. Sekian dan semoga bermanfaat.


Tips Langsing Saat Puasa Di Bulan Ramadhan

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!