Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

Pola makan memang akan berubah drastis ketika kita menjalankan ibadah puasa. Jika biasanya kita makan tiga kali dalam sehari, tetapi pada saat puasa kita makan hanya dua kali dalam sehari yaitu ketika sahur dan berbuka. Namun demikian, beberapa orang bukannya bertambah kurus tetapi justru bertambah gemuk. Lantas, apa sih penyebab berat badan naik saat puasa? umumnya, penyebab tubuh bertambah gemuk saat puasa adalah pola makan yang keliru ketika sahur dan berbuka. Meskipun sedang berpuasa, kita tetap harus memperhatikan kesehatan makanan dan berapa jumlah makanan yang seharusnya masuk ke dalam tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tips agar berat badan tidak naik saat puasa.


programdetoksifikasi

 

  • Tips agar berat badan tidak naik saat puasa yang pertama adalah pastikan untuk selalu makan sahur. Karena jika anda tidak sahur, yang terjadi adalah anda akan makan dengan porsi yang banyak saat berbuka. Selain itu, tidak makan sahur akan membuat anda tidak mempunyai energi untuk beraktivitas di siang hari. Jadi, pastikan anda untuk selalu makan sahur dan konsumsi makanan kaya protein agar perut tidak mudah lapar. Jangan makan terlalu banyak dan jangan juga makan terlalu sedikit.
  • Tips selanjutnya adalah perbanyak minum air putih ketika berbuka dan sahur. Disarankan minum 2 gelas air putih pada saat awal berbuka atau sebelum mengkonsumsi makanan berat. Tips ini dipercaya mampu mengendalikan nafsu makan supaya tidak terlalu banyak makan. Selain itu, manfaat lain banyak minum air putih adalah mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Jangan “balas dendam” ketika berbuka puasa dan atur porsi makan sebaik mungkin. Berhentilah secepat mungkin jika anda sudah merasa kenyang. Sangat dianjurkan minum air putih dan makanan ringan terlebih dahulu untuk mengganjal perut. Sesudah itu laksanakan sholat maghrib. Jika sudah, barulah anda makan makanan berat.
  • Salah satu tips penting menjaga berat badan saat puasa agar tidak naik adalah jangan makan berat menjelang tidur. Jika anda langsung tidur sesudah makan, maka yang terjadi adalah tumpukan lemak pada tubuh anda akan semakin banyak. Paling tidak, berikanlah jarak waktu antara makan dan tidur selama 3 jam.
  • Tips agar berat badan tidak naik saat puasa yang berikutnya adalah rajin bergerak atau beraktivitas. Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk anda bermalas-malasan. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan di pagi hari yang bermanfaat untuk membantu membakar kalori.

Itulah tadi beberapa tips agar berat badan tidak naik saat puasa. Lakukanlah tips mudah tersebut jika berat badan anda tidak ingin naik saat berpuasa. Sekian dan semoga bermanfaat.


Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Puasa

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!