Penyebab Lemak Menumpuk Di Perut

Setiap orang tentu mendambakan bentuk tubuh yang ideal, entah itu pria maupun wanita. Umumnya, tubuh ideal itu identik dengan perut yang rata atau tidak buncit. Selain tidak ideal, perut buncit juga sering membuat seseorang merasa kurang menarik, tidak percaya diri dan kurang nyaman. Lebih parah, perut buncit yang diakibatkan karena timbunan lemak bisa meningkatkan resiko munculnya masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, stroke dan lain-lain. Ada banyak sekali penyebab perut buncit, diantaranya adalah karena menumpuknya toksin, kurang berolahraga, dan pola makan yang buruk. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab lemak menumpuk di perut yang dikutip dari prevention.com.

Tumpukan Toksin Atau Racun

Toksin atau racun masuk ke dalam tubuh melalui bahan pengawet pada makanan, pemanis buatan, asap kendaraan, rokok dan lain sebagainya. Jika tidak dibuang, lama kelamaan racun tersebut akan menumpuk di usus dan mengganggu proses metabolisme. Jika proses metabolisme sudah terganggu, kita minum air putih pun akan menjadi lemak. Untuk mengatasinya, diperlukan proses detoksifikasi tubuh yaitu proses membuang racun. Secara alami, detoksifikasi dapat dilakukan dengan cara berpuasa, berolahraga, dan konsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu proses detoksifikasi tersebut. Salah satu minuman nutrisi yang dianjurkan untuk proses detoksifikasi adalah Smart Detox. Smart Detox merupakan minuman nutrisi yang dirancang oleh para ahli kesehatan dunia untuk menyehatkan tubuh anda sekaligus bisa menurunkan berat badan.

Pengaruh Hormon

Penyebab lemak menumpuk di perut yang berikutnya adalah pengaruh hormon. Para ahli berpendapat bahwa sebagian orang mempunyai hormon khusus yang sering menyebabkan perut buncit, lemak menumpuk dan badan menjadi gemuk. Bisa saja hormon tersebut merupakan hormon turunan yang diwariskan oleh orang tua atau keluarga.

Bertambah Usia

Menopause atau usia yang bertambah juga menjadi salah satu alasan kenapa lemak bisa menumpuk di bagian perut dan menyebabkan buncit. Seorang profesor medicine di Mayo Clinic’s Endocrinology Division yaitu Michael Jensen, MD, menjelaskan bahwa berat badan sangat rentan mengalami berat badan jika seseorang mengalami penambahan usia, terlebih lagi jika usia tersebut mendekati menopause. Selain itu, penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu juga sangat beresiko. Apalagi jika orang tersebut tidak berolahraga secara teratur, tidak cukup istirahat dan tidak menjaga pola makan.

Kurang Tidur Atau Tidur Berlebihan

Penyebab lemak menumpuk yang berikutnya adalah kurang tidur atau tidur berlebihan. Waktu tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam perhari, tidak lebih dan juga tidak kurang. Karena jika lebih ataupun kurang, bisa meningkatkan resiko perut buncit. Selain itu, waktu tidur yang kurang atau berlebihan juga bisa mengakibatkan kesehatan seseorang menurun, mengurangi kinerja otak, dan mudah terserang penyakit.

Stres Berat

Seringkali stres berat membuat seseorang tidak dapat menahan nafsu makan. Kecenderungan makan banyak inilah yang dapat mengakibatkan lemak bertumpuk di area perut dan area tubuh lainnya. Selain itu, tidak jarang stres berat juga membuat seseorang makan tidak teratur. Nah, makan yang tidak teratur ini juga bisa menyebabkan perut buncit.

Itulah beberapa penyebab lemak menumpuk di perut dan membuat buncit. Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, ada juga penyebab lainnya seperti kebiasaan tidur sesudah makan, adanya resiko sindrom ovarium polikistik atau PCOS, dan olahraga yang salah. Agar terhindar dari perut buncit, terapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan, rajin berolahraga dan cukup istirahat. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!