Penyebab Berat Badan Naik Saat Sedang Menstruasi

Tidak sedikit wanita yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis saat menstruasi atau haid. Jika anda salah satu dari wanita yang mengalami hal tersebut, sebaiknya anda tidak perlu khawatir karena memang berat badan berhubungan dengan PMS. Tidak hanya kenaikan berat badan, biasanya wanita akan mengalami sakit punggung, kram, perut kembung, sering cemas, lesu, stres dan frustasi ketika haid. Banyak wanita yang bertanya-tanya mengapa berat badan naik saat haid. Biasanya berat badan memang akan naik sebanyak 1-3 kg saat menstruasi. Mengenai penyebabnya, mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab berat badan naik saat sedang menstruasi atau haid.

  • Berkurangnya magnesium dalam tubuh merupakan penyebab berat badan naik saat sedang menstruasi yang pertama. Umumnya level magnesium akan berkurang tepat menjelang menstruasi. Hal ini akan mengakibatkan level insulin ikut menurun sehingga tubuh memerlukan asupan glukosa lebih banyak. Nah, hal inilah yang mengakibatkan kenapa saat haid nafsu makan meningkat dan selalu ingin makan yang manis-manis sehingga berat badan anda pun akan meningkat.
  • Penyebab berat badan naik saat haid yang berikutnya adalah retensi air. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini disebut dengan edema. Saat sedang haid, terjadi fluktuasi hormonal yang cukup parah sehingga edema dapat mempengaruhi tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan perut terasa kembung dan hormon progesteron berkurang secara tiba-tiba.
  • Umumnya, nafsu makan memang akan meningkat ketika menstruasi. Selama periode datang bulan ini metabolisme akan meningkat dan mengakibatkan naiknya konsumsi makanan secara signifikan. Nah, kondisi tersebut direspon oleh otak dan menangkap pesan bahwa tubuh kekurangan glukosa. Inilah yang membuat wanita mempunyai kecenderungan makan berlebih ketika PMS dan menstruasi.

Itulah penjelasan mengenai penyebab berat badan naik saat sedang menstruasi. Jika anda mempunyai nafsu makan yang besar ketika datang bulan, siasati dengan banyak mengkonsumsi serat atau buah agar tidak mudah lapar. Selain itu, jangan lupakan juga untuk banyak minum air putih dan melakukan Olahraga Yang Dianjurkan Saat Menstruasi. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!