Penyebab Badan Gemuk Padahal Makan Sedikit

Biasanya orang yang banyak makan tubuhnya akan gemuk. Tetapi bagaimana jika orang yang makannya sedikit dan tubuhnya tetap gemuk? ya, tentu hal tersebut mengundang banyak pertanyaan. Pada beberapa kasus, ada orang yang banyak makan tetapi berat badannya tidak bertambah. Begitupun sebaliknya, ada orang yang makan sedikit tetapi berat badannya justru malah bertambah dengan cepat. Mengapa begitu? menurut penelitian, bertambahnya berat badan seseorang tidak hanya ditentukan oleh asupan makanan saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Apa saja? berikut ini adalah beberapa penyebab badan gemuk padahal makan sedikit yang dikutip dari newhealthadvisor.com.

Mengidap Hipotiroidisme

Apa itu Hipotiroidisme? hipotiroidisme merupakan suatu kondisi dimana kurang aktifnya kelenjar tiroid dalam mengeluarkan hormon ke dalam aliran darah. Seperti diketahui bahwa tugas kelenjar tiroid adalah untuk mengontrol hormon yang berkaitan dengan berat badan dan metabolisme tubuh. Jadi apabila tugas kelenjar tiroid ini gagal, maka berat badan akan sulit dikendalikan.

Kurang Tidur

Penyebab badan gemuk padahal makan sedikit berikutnya adalah kurang tidur atau tidak cukup istirahat. Dalam tubuh manusia terdapat dua jenis hormon yang bertugas untuk mengontrol nafsu makan. Kedua jenis hormon itu adalah ghrelin dan leptin. Nah, kedua hormon tersebut akan terganggu fungsinya apabila kita kurang tidur sehingga tubuh menjadi mudah lapar. Selain itu, efek buruk dari kurang tidur adalah dapat menurunkan tingkat metabolisme yang menyebabkan berat badan mudah naik.

Toksin Atau Racun

Toksin atau racun yang mengendap di usus besar dapat mengurangi kemampuan sistem metabolisme tubuh. Apabila sistem metabolisme tubuh melemah, maka yang terjadi adalah badan akan tetap gemuk meskipun makan sedikit. Lebih dari itu, air putih yang anda minum pun akan menjadi lemak apabila kemampuan metabolisme menurun. Untuk mengatasinya, konsumsilah minuman nutrisi smart detox yang dapat membuat tubuh anda sehat dan meningkatkan metabolisme. (Baca Juga : Toksin Menyebabkan Kegemukan)

Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab badan gemuk walau makan sedikit. Hal ini disebabkan karena ketika anda stres, hormon menjadi tidak stabil. Salah satu contohnya adalah hormon kortisol yang meningkat. Meningkatnya hormon kortisol ini mengakibatkan penumpukan lemak di area perut. Ada beberapa kasus orang yang memiliki tubuh proporsional tapi perutnya buncit dikarenakan stres.

Salah Pilih Makanan

Kesalahan dalam memilih jenis makanan bisa menjadi penyebab badan gemuk padahal makan sedikit. Sebagai contoh, makanan yang tidak sehat seperti junk food tentu akan membuat badan anda cepat gemuk meskipun makan sedikit. Contoh lainnya adalah kue kecil dengan kandungan gula dan kalori tinggi. Jadi, usahakanlah memilih makanan yang benar untuk menghindari masalah makan sedikit tapi badan tetap gemuk.

Itulah beberapa penyebab badan gemuk padahal makan sedikit. Jadi, sudah tahukan kenapa tubuh anda tetap gemuk meskipun makan sedikit?. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!