Obesitas Bisa Menyebabkan Pikun Di Usia Dini

Pernahkah anda mendengar larangan obesitas di jepang? ya, pemerintah jepang mengeluarkan sebuah aturan yang disebut dengan “Metabo Low”. Peraturan tersebut bertujuan untuk mengatur ukuran lingkar pinggang serta berat badan warga jepang. Bagi warganya yang tidak patuh, akan diberi sanksi berupa denda atau bahkan dimasukan ke dalam penjara. Ternyata tidak hanya di Jepang saja yang mengeluarkan peraturan larangan obesitas, di India dan beberapa negara lainnya juga menerapkan peraturan yang serupa. Terdengar kejam? tapi memang seperti itulah faktanya, selain membahayakan, obesitas merupakan salah satu penyebab kematian yang utama didunia. Selain itu, obesitas bisa menyebabkan pikun di usia dini.

Dari sebuah studi ditemukan fakta bahwa selain berbahaya bagi jantung, obesitas juga berbahaya bagi kesehatan otak dan mental sehingga obesitas bisa menyebabkan pikun di usia dini. Kenapa hal ini dapat terjadi? karena jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat badan normal, orang yang mengalami obesitas mempunyai jaringan otak lebih sedikit 4-8%.

Mungkin anda berpikir kalau hanya 4-8% saja tidak akan berpengaruh apa-apa. Tapi anda harus ingat bahwa manusia mempunyai sekitar 100 juta neuron. Dan itu artinya kehilangan 8% jaringan otak sama dengan kehilangan 8 juta jaringan otak. Jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit dan tidak sepatutnya diremehkan. Kebiasaan makan yang tidak normal dan obesitas bisa mempengaruhi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Fungsi dari BDNF ini adalah mengatur perkembangan neuron pada otak. Nah, apabila salah satu faktor ini bermasalah maka akan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan daya ingat seseorang. Itulah mengapa obesitas bisa menyebabkan pikun di usia dini.

Jika memang anda saat ini mengalami obesitas, jangat takut dan jangan menyerah. Selalu ada cara untuk membuat tubuh anda normal. Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi obesitas adalah dengan program detoksifikasi. Program ini akan mengatasi masalah obesitas dari akarnya yaitu racun yang menumpuk pada usus besar akibat dari pola makan yang buruk. Program detoksifikasi ini banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan dari Indonesia maupun negara-negara lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!