Metode Akupuntur Untuk Menurunkan Berat Badan

Apa itu akupuntur? akupuntur merupakan suatu metode pengobatan tradisional dengan menggunakan tusukan jarum. Akupuntur berfokus pada titik-titik tubuh tertentu untuk menyembuhkan suatu penyakit langsung dari sumbernya. Metode yang berasal dari tiongkok ini sudah digunakan sejak berabad-abad lalu oleh orang-orang diseluruh dunia. Dari sekian banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan dengan metode akupuntur, salah satunya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Beberapa penyebab seseorang menderita obesitas adalah kurang aktif bergerak, nutrisi buruk, mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak, terganggunya metabolisme tubuh dan ketidakseimbangan hormon. Lantas, bagaimana metode akupuntur bisa mengatasi obesitas? berikut ini adalah penjelasan mengenai metode akupuntur untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari laman doctoroz.com, tidak idealnya berat badan anda merupakan dampak dari tidak seimbangnya aliran energi tubuh baik itu yang berasal dari dan menuju pusat otak yang disebut hypothalamus. Dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa hormon tubuh akan berpengaruh jika aliran energi pada hypothalamus tidak lancar. Inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami obesitas.

Jarum yang digunakan dalam metode akupuntur menusuk ke permukaan kulit menuju ke titik-titik strategis tubuh. Sasarannya adalah untuk menormalkan kembali keseimbangan energi aliran Qi (Chi) dalam tubuh. Chi merupakan energi vital atau tenaga kehidupan dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, prinsip utama akupuntur adalah untuk memaksimalkan asupan nutrisi, mengatur hormon yang berkaitan dengan obesitas, meningkatkan kerja pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. Selain metode akupuntur untuk menurunkan berat badan, akupuntur juga berguna untuk meningkatkan fungsi liver. Liver merupakan organ penting yang berfungsi menghasilkan aneka senyawa untuk pengolahan nutrisi tubuh dan pencernaan.

Terdapat empat titik yang akan diakupuntur dalam metode akupuntur untuk menurunkan berat badan, yaitu titik endokrin, titik perut, titik Shen Men dan di telinga. Cara atau metode akupuntur untuk melangsingkan badan ini yaitu dengan menusukkan beberapa jarum kecil yang steril pada keempat titik tersebut lalu dihangatkan agar tubuh terstimulasi dan mengeluarkan hormon serta neurochemical. Pada beberapa tempat praktek akupuntur, pada bagian telinga pasien akan dipasangi jarum kecil dan dilapisi dengan sejenis plester. Jarum ini harus dipakai selama beberapa hari.

Itulah tadi penjelasan mengenai metode akupuntur untuk menurunkan berat badan. Jika memang anda berminat untuk melakukan metode akupuntur ini, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Diantaranya adalah pilih akupunturis yang sudah mempunyai sertifikat dan berpengalaman, ikuti program akupunturnya secara rutin dan lengkap, tetap atur pola makan dan banyak bergerak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!