Makanan Karbohidrat Yang Baik Untuk Diet

Karbohidrat sering dijadikan sebagai ‘kambing hitam’ penyebab kegemukan. Karena itulah banyak orang yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan menghindari karbohidrat. Faktanya memang mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti mie atau nasi putih secara berlebihan dapat membuat tubuh lebih beresiko mengalami kegemukan, itu karena ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat tubuh akan menimbun lemak dan gula. Mekipun begitu bukan berarti anda harus menghilangkan karbohidrat dari menu makan anda, karena karbohidrat menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh meskipun sedang diet. Bagaimana caranya? berikut ini adalah beberapa makanan karbohidrat yang baik untuk diet yang dapat anda konsumsi.


programdetoksifikasi

 

Kentang

Kentang dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat jika anda mengolahnya dengan benar dan dengan cara yang sehat. Selain itu, kentang juga memberikan kita energi serta kandungan serat pada kentang dapat membuat perut kita kenyang lebih lama. Untuk membantu proram diet yang anda jalankan, rebuslah atau panggang kentang tanpa dikupas kulitnya terlebih dahulu. Baca Juga : Diet Dengan Kentang

Gandum Utuh

Selain kentang, gandum juga merupakan makanan karbohidrat yang baik untuk diet. Gandum utuh akan membuat kita merasa kenyang lebih lama karena makanan ini adalah jenis karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengubahnya menjadi energi (glukosa). Cara mengolahnya, anda dapat membuat roti, bubur atau dipadukan dengan buah-buahan serta chia.

Buah

Mungkin sebagian orang tidak tahu kalau ternyata karbohidrat juga banyak ditemukan di dalam buah. Beberapa orang tersebut menghindari buah dengan alasan ingin membatasi asupan gula fruktosa. Tetapi faktanya, fruktosa merupakan karbohidrat yang tidak menyebabkan gemuk. Itulah kenapa sesudah mengkonsumsi buah, tubuh akan menjadi lebih berenergi dan terasa lebih segar. Disamping karbohidrat, buah juga banyak mengandung mineral, vitamin dan serat. Baca Juga : Buah Untuk Diet Turunkan Berat Badan

Itulah beberapa makanan karbohidrat yang baik untuk diet. Dengan begitu, anda tidak perlu menghilangkan karbohidrat dari menu makan anda karena menurut Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N yang merupakan ahli gizi mengatakan bahwa karbohidrat adalah salah satu elemen penting untuk diet.

Beliau juga menyarankan untuk memenuhi karbohidrat sebanyak 50-60 % dari kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk itu, jika ingin mengurangi karbohidrat disarankan jangan lebih rendah dari 40% sehari. Dan sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan karbohidrat yang baik untuk diet yang telah disebutkan diatas. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!