Makanan Kadaluarsa Yang Masih Bisa Dikonsumsi

Sebelum menyimpan makanan atau minuman kemasan di dalam lemari pendingin dan tempat lainnya, mencatat ataupun mengingat tanggal kadaluarsa dari makanan dan minuman tersebut sangatlah penting. Karena bila tidak, mungkin anda bisa lupa kapan batas terakhir makanan dan minuman tersebut masih bisa dikonsumsi. Seperti kita ketahui bahwa makanan dan minuman kemasan yang sudah lewat dari tanggal kadaluarsa bisa berbahaya apabila kita konsumsi. Tapi tahukah anda, ternyata ada beberapa makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi. Apa saja makanan tersebut? dikutip dari laman health.clevelandclinic.org, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang masih bisa kita konsumsi meskipun sudah lewat dari tanggal kadaluarsanya.

Daging Olahan

Daging olahan merupakan salah satu makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi hingga 2 sampai 4 minggu sesudah tanggal kadaluarsa dengan syarat kemasannya belum rusak. Yang termasuk daging olahan adalah tempura, bakso kemasan, kornet, sosis dan lain-lain.

Pasta

Pasta kering yang tidak dimakan berkutu dan belum berjamur masih bisa dimasak hingga satu atau dua tahun dari tanggal kadaluarsa. Untuk menjaga kualitas pasta tetap baik, simpanlah ditempat yang sejuk dan kering.

Telur

Umumnya, tanggal kadaluarsa pada telur akan tertera jika anda membelinya dalam kemasan kardus. Meskipun ada tanggal kadaluarsanya, tetapi hal tersebut tidak manjadi persoalan karena telur masih bisa diolah hingga 3-5 minggu sesudah melebihi tanggal kadaluarsa.

Margarin Dan Mentega

Margarin dan mentega tetap bisa dipakai meskipun sudah lewat dari tanggal kadaluarsanya selama lebih dari 2-3 minggu. Karena mentega dan margarin merupakan minyak, yang mana bakteri akan sulit berkembang. Selain itu, minyak yang sudah lewat dari tanggal kadaluarsa juga tidak akan merubah bau, tekstur dan rasa.

Susu

Susu kental manis atau cair merupakan salah satu minuman kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi meskipun sudah lewat selama 2 – 3 hari dari tanggal kadaluarsa. Tips untuk menjaga kondisi susu kemasan tetap baik adalah dengan menyimpannya pada suhu paling dingin yaitu bagian paling belakang/dalam kulkas.

Itulah beberapa makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi. Sekian dan semoga bermanfaat.


Makanan Kadaluarsa Yang Masih Bisa Dikonsumsi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!