Kesalahan Dalam Melakukan Diet

Semua orang pasti ingin mempunyai tubuh yang ideal, baik wanita maupun pria. Jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal biasanya dihubungkan dengan yang namanya diet. Tapi mengapa sudah melakukan berbagai macam diet namun berat badan tak kunjung ideal? mungkin kebanyakan dari anda pernah melakukan kesalahan dalam melakukan diet. Lalu apa saja kesalahan dalam melakukan diet?


programdetoksifikasi

 

1. Diet Tanpa Karbohidrat

Anda pernah melakukan diet tanpa karbohidrat atau tanpa makan nasi?. Jenis diet ini sebenarnya tidak baik untuk kebutuhan gizi tubuh kita. Karena karbohidrat di butuhkan oleh tubuh manusia, sehingga tidak baik apabila dihindari 100%. Diet ini akan percuma apabila anda mengganti nasi dengan goreng-gorengan. Karena perlu anda ketahui 4 sendok teh minyak = Nasi 1 piring. Jadi, makan tempe mendoan sama dengan makan nasi 1 piring.

2. Diet Vegetarian

Untuk diet vegetarian yang dikhawatirkan adalah kurangnya protein karena tidak mengkonsumsi lauk. Padahal tubuh memerlukan asupan protein untuk membentuk sel-sel baru, pengganti sel-sel yang rusak. Selain itu juga protein baik untuk kesehatan kulit sehingga kulit tidak mudah keriput. Bagi anda yang ingin melakukan diet vegetarian sebaiknya dipikirkan ulang. Vegetarian hanya untuk orang-orang yang memiliki kepercayaan tertentu.

3. Diet Tanpa Garam

Yang dikhawatirkan adalah air tidak bisa tertahan dalam tubuh. Karena garam menarik air, sehingga apabila tidak makan garam air di dalam tubuh tidak bisa meresap. Sebagai contoh, orang yang terkena diare harus kita obati dengan larutan garam+gula sehingga airnya bisa ditahan di dalam tubuh. Orang yang melakukan diet tanpa garam akan terlihat kurus dikarenakan cairan dalam tidak tidak tertahan namun lemaknya masih ada.

4. Diet Dengan Pil Diet

Kesalahan dalam melakukan diet berikutnya adalah diet dengan pil obat. Karena dari sisi kepraktisannya kebanyakan orang paling suka dengan cara diet yang instant yaitu mengkonsumsi pil diet. Salah satu jenis Pil yang disetujui oleh BPPOM adalah Pil yang mengurangi nafsu makan. Meskipun nafsu makan sudah ditekan, apabila makanan yang masuk masih berantakan atau tidak teratur belum tentu turunnya banyak. Tetapi orang yang tidak pakai pil diet, tapi pola makannya baik, dia akan turun lebih banyak. Yang harus diketahui adalah obat penahan nafsu makan membuat jantung bergerak lebih kencang, pusing dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan darah tinggi.

Lalu bagaimana cara diet yang sehat? Mulailah sedikit demi sedikit menata apa saja yang harus anda masukan ke dalam mulut pada waktu pagi, siang dan malam. Dengan menu yang patut anda coba seperti :

  • Makan Pagi : Sediakan lebih banyak buah dan sayur, protein, dan karbohidrat ( 1 lembar roti, 1 butir telur / 1 lembar keju )
  • Makan Siang : 1 porsi nasi, 1 potong ayam/telur , 1 porsi sayuran
  • Makan malam : 1 porsi sayuran, 1 butir telur

Mulailah dengan pola makan yang baik yaitu dengan memilih makanan yang mengenyangkan tapi nilai kalorinya kecil. Dan tentu saja harus di barengi dengan rajin berolahraga. Semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!