Efek Samping Diet Golongan Darah

Salah satu diet yang populer saat ini dan banyak diikuti oleh masyarakat adalah diet golongan darah. Diet golongan darah merupakan diet dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu sesuai golongan darah. Meskipun populer dan banyak diikuti, tetapi diet ini tidak disarankan dan mendapat tantangan dari berbagai ahli gizi dan nutrisi. Itu karena, diet yang digagas oleh Peter D’Adamo belum didukung oleh bukti-bukti ilmiah. Selain itu juga, banyak penelitian yang menemukan bahwa metode ini mempunyai beberapa kekurangan, resiko dan efek samping. Walaupun memang banyak juga dokter yang mendukung dan setuju dengan metode diet golongan darah, tapi tetap saja metode diet ini mempunyai kekurangan atau efek samping. Lalu apa saja efek samping diet golongan darah? berikut ini adalah penjelasannya.

Nilai Nutrisi

Walaupun metode diet ini mengizinkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan, tapi ada jenis makanan tertentu yang dilarang sesuai dengan golongan darah. Sebagai contoh misalnya orang yang bergolongan darah O tidak boleh mengkonsumsi produk susu dan biji-bijian. Dalam jangka waktu yang lama hal ini dapat mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Walaupun kita bisa mengganti mineral dan vitamin pada makanann lain, tetapi tetap saja tidak akan bisa menggantikan vitamin dan mineral yang terkandung dalam kedua jenis makanan tersebut.

Memperparah Suatu Penyakit

Efek samping diet golongan darah berikutnya adalah jika anda penderita penyakit ginjal dan diabetes, sebaiknya anda berhati-hati dalam menjalankan diet golongan darah ini. Karena diet ini tidak memperhatikan kondisi kesehatan seseorang dan hanya memperhatikan golongan darah. Selain itu juga, metode diet ini tidak menghiraukan apakah anda penderita hipertensi atau kolesterol tinggi.

Efektifitas

Banyak ahli gizi yang meragukan keberhasilan dari diet golongan darah ini. Karena memang belum didukung oleh study ilmiah. Salah satu yang meragukan efektifitas metode diet ini adalah Mayo Clinic. Mayo Clinic berpendapat bahwa hanya Kalori lah yang dapat menentukan sesorang dapat menurunkan berat badan atau tidak. Selain itu, Mayo Clinic juga berpendapat bahwa tidak ada relasi atau hubungan yang jelas antara golongan daran dengan makanan tertentu dapat menurunkan berat badan.

Itulah tadi beberapa efek samping diet golongan darah. Jadi sebaiknya, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi sebelum anda menjalankan metode diet ini karena pencetusnya sendiripun belum bisa membuktikan secara ilmiah. Selain itu ada baiknya anda mencoba diet yang aman tanpa efek samping dan sudah banyak direkomendasikan oleh ahli gizi di Amerika maupun Indonesia yaitu program detoksifikasi. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!