Efek Buruk Diet Ketat Bagi Kesehatan

Salah satu impian sebagian besar wanita adalah memiliki tubuh yang langsing dan ramping. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencoba segala macam diet untuk mewujudkan impiannya tersebut. Bahkan tidak jarang banyak juga wanita yang mencoba diet ketat tanpa memikirkan terlebih dahulu apa resiko dari diet ketat tersebut. Padahal, dikutip dari health.usnews.com, diet ketat akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuh kita. Karena tubuh kita tidak di desain untuk melakukan penyesuaian dengan diet ketat atau diet yang ekstrim. Hal ini juga dipertegas oleh para ahli gizi yang menyatakan bahwa  diet ketat adalah diet yang salah dan dapat memicu penyakit yang lain. Lalu seperti apa efek buruk diet ketat? berikut ini adalah efek buruk diet ketat bagi kesehatan.

Lebih Mudah Bertambah Gemuk

Jika anda berpikir diet ketat akan dapat menurunkan berat badan anda, maka anda salah besar. Mungkin memang anda akan mengalami penurunan berat badan, tapi itu hanya sementara waktu saja. Karena pada poin tertentu ketika kita berfikir telah berhasil, diet ketat malah akan membuat kita semakin gemuk setelahnya.

Imunitas Menurun

Salah satu efek samping dari diet ketat adalah akan mengakibatkan tingkat imunitas tubuh menurun. Dengan menurunnya tingkat imunitas tubuh, maka tubuh akan lebih mudah sakit. Oleh sebab itu, program diet ketat sangat tidak anjurkan oleh para ahli gizi.

Malnutrisi

Efek buruk diet ketat bagi kesehatan yang berikutnya adalah dapat mengakibatkan malnutrisi atau kekurangan gizi. Hal ini sangat masuk akal dapat terjadi karena diet ketat membatasi kita mengkonsumsi makanan secara ekstrim. Apabila tubuh kekurangan gizi, maka yang terjadi adalah tubuh mudah lemah, lunglai, letih, gangguan fungsi memori, serta insomnia.

Gangguan Pola Makan

Selain malnutrisi atau kekurangan gizi, diet ketat juga akan mengakibatkan gangguan pola makan. Contohnya adalah semakin besarnya anoreksia. Anoreksia merupakan pola pikir yang selalu beranggapan bahwa tubuh mereka terlalu gemuk meskipun kenyataannya tubuh meraka sudah sangat kurus. Anoreksia akan mempengaruhi penderita untuk terus diet tanpa menghiraukan kesehatannya sendiri.

Itulah beberapa efek buruk diet ketat bagi kesehatan. Jika anda ingin melakukan diet, hindarilah diet ketat dan coba praktekan metode diet yang aman dan usahakan dengan bimbingan dokter gizi. Silahkan klik program detoksifikasi untuk melakukan diet yang aman dan sudah disarankan oleh pada ahli kesehatan. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!