Diet Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes atau biasa disebut sebagai kencing manis merupakan penyakit yang diakibatkan terganggunya fungsi ginjal yaitu pada bagian glomerulus dalam sistem metabolik tubuh. Selain itu terganggunya fungsi insulin dalam ginjal. Akibatnya kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Oleh karenanya pengobatan medis sering menjadi solusi bagi penderita diabetes dalam menjalani kesembuhan. Namun pengobatan medis saja tidak cukup untuk kelangsungan kesembuhan penderita diabetes. Sehingga diet untuk penderita diabetes amatlah penting. Diet untuk penderita diabetes berbeda dengan diet kebanyakan orang. Diet penderita diabetes terkesan lebih cermat dalam memilih dan memilah makanan yang akan dikonsumsi. Termasuk mempertimbangkan kadar gula yang terkandung di dalam makanan tersebut.


programdetoksifikasi

 

Seperti pengetahuan pada umumnya, penderita diabetes dianjurkan mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung potasium dan serat. Beberapa makanan sehat yang dapat menjadi daftar diet untuk penderita diabetes adalah gandum, oatmel, beras merah, bayam, pemanis buatan misalnya gula aren, dan juga buah-buahan. Gandum, merupakan makanan sehat yang kaya serat, protein, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagian penderita diabetes yang tampak masih sehat menjalankan pola hidup yang reguler secara konsisten. Tak jarang pula yang menghindari obat-obatan serta beralih ke bahan-bahan herbal misalnya dengan diet untuk penderita diabetes. Meskipun berolahraga juga penting namun tidak ada salahnya untuk mencoba program diet untuk penderita diabetes. Sebenarnya tidak ada pola khusus diet untuk penderita diabetes dan hampir sama dengan pola diet orang pada umumnya. Beberapa tips yang dapat dicoba yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan berserat tinggi, cermat dengan makanan manis, memilih konsumsi lemak secara bijak, makan secara teratur serta membuat sebuah catatan harian. Itulah serangkaian cara yang dapat dilakukan bagi penderita diabetes.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!