Cara Ngemil Yang Sehat Agar Tidak Gemuk

Jika anda hobi atau memang mempunyai kebiasaan ngemil pada malam hari, sekali atau dua kali memanglah tidak masalah. Tetapi akan menjadi masalah jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus atau setiap malam. Dikutip dari popsugar.com, pada dasarnya ngemil bukanlah suatu masalah  asalkan kalori yang masuk tidak lebih banyak daripada kalori yang dibakar tubuh. Biasanya penyebab orang ingin ngemil itu ada dua macam, yang pertama karena lapar, dan yang kedua karena sudah menjadi kebiasaan. Nah, jika anda termasuk yang memiliki kebiasaan ngemil dan terutama pada malam hari, berikut ini adalah beberapa cara ngemil yang sehat agar tidak gemuk.

Ikuti Aturan Makan 3 Jam-an

Untuk menahan nafsu makan dan ngemil di malam hari, cobalah terapkan pola makan 3 jam-an. Caranya yaitu makan setiap 3 jam sekali dengan porsi makan yang sedikit. Pola makan seperti ini dipercaya mampu menekan nafsu makan pada malam hari dan ngemil.

Pilih Protein Dan Serat

Jika memang ingin ngemil, konsumsilah cemilan yang membuat perut cepat kenyang dan sehat. Pilihlah makanan yang mengandung protein dan juga serat. Untuk mengendalikan nafsu makan serta ngemil, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan.

Minum Segelas Air Hangat

Cara ngemil yang sehat agar tidak gemuk berikutnya adalah minum segelas air hangat. Cobalah minum segelas air hangat terlebih dahulu sebelum anda memilih mengkonsumsi cemilan berat. Karena terkadang, yang anda rasakan di malam hari bukanlah rasa lapar melainkan rasa haus. Cara ini bisa membantu anda untuk mengetahui apakah yang anda rasakan hanya haus saja ataukah rasa lapar.

Hindari Junk Food

Hindarilah makanan olahan instant atau junk food meskipun godaan yang datang untuk ngemil sangat kuat. Selain jumlah kalorinya yang sangat banyak, jenis makanan ini juga dapat membuat kita ketagihan dan tidak ingin berhenti untuk makan.

Imbangi Dengan Olahraga

Cara ngemil yang sehat agar tidak gemuk berikutnya adalah imbangi dengan olahraga. Jangan lupakan untuk berolahraga agar kalori yang masuk sesudah ngemil dapat dibakar dengan baik. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki keliling rumah atau naik turun tangga. Hal ini bertujuan agar perut tidak kekenyangan saat tidur dan makanan bisa segera dicerna.

Itulah beberapa tips atau cara ngemil yang sehat agar tidak gemuk. Menghilangkan kebiasaan ngemil memang tidak mudah tetapi juga tidak sulit. Dengan tips-tips yang telah diberikan tadi, sebenarnya anda sudah bisa mengontrol keinginan untuk ngemil. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!