Cara Agar Tidur Nyenyak Dan Langsing

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata salah satu cara yang dapat membantu mendapatkan tubuh langsing adalah dengan mempunyai kualitas tidur yang baik. Dikutip dari prevention.com, dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine di temukan fakta bahwa dibandingkan dengan orang yang tidur selama 5,5 jam setiap malam, orang yang memiliki jam tidur sebanyak 8,5 jam setiap malam dapat membakar lemak 2 kali lipat lebih banyak. Ya, tidur yang baik merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Dan tidur yang baik identik dengan tidur yang nyenyak. Lantas, bagaimana caranya agar tidur nyenyak? berikut ini adalah tips atau cara agar tidur nyenyak dan langsing.

Melakukan Yoga Sebelum Tidur

Lakukanlah yoga ringan sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat. Gerakan yoga yang ringan dapat melemaskan otot-otot tubuh sehingga anda bisa tidur lelap. Selain itu, barengi juga dengan teknik pernafasan. Caranya hirup nafas lewat hidung, kemudian hembuskan melalui mulut secara perlahan. Ketika melakukan teknik pernafasan, jangan menaik turunkan dada anda tetapi naik turunkan perut anda.

Tidur Di Kamar Gelap

Cara agar tidur nyenyak dan langsing yang berikutnya adalah dengan mematikan seluruh penerangan di kamar. Mengapa? karena kondisi gelap dapat membantu tubuh meningkatkan hormon melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, menurut penelitian pada tahun 2014 yang dilakukan oleh University of Oxford, ditemukan fakta bahwa orang yang tidur dalam keadaan gelap mempunyai resiko 21 persen lebih sedikit terkena obesitas.

Relaksasi Tubuh 30 Menit Sebelum Tidur

Untuk menjaga kualitas tidur yang baik dan energi tubuh tetap terjaga keesokan harinya, lakukanlah kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi rileks seperti meditasi atau membaca 30 menit sebelum tidur. Dengan melakukan hal tersebut, diyakini tidur anda akan nyenyak dan mempunyai cukup energi untuk melanjutkan program diet anda keesokan harinya.

Atur Suhu Kamar Menjadi 19 Derajat Celcius

Cara agar tidur nyenyak dan langsing berikutnya adalah mengatur suhu kamar. Menurut seorang asisten profesor penelitian neurologi di NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center, Sleep Center yaitu Rebecca Scott PhD, turunnya suhu tubuh diperlukan agar bisa tidur dengan nyenyak. Sementara itu menurut sebuah penelitian, lemak putih yang meyimpan lemak akan dirubah menjadi lemak coklat yang dapat membakar lemak jika kita tidur dengan suhu 19 derajat celcius. Mengapa demikian? hal ini berkaitan dengan lemak coklat yang berfungsi menjaga suhu tubuh.

Itulah beberapa tips atau cara agar tidur nyenyak dan langsing. Selain menjaga kualitas tidur yang baik, anda juga diwajibkan untuk mengatur pola makan dan pola hidup yang baik jika ingin menurunkan berat badan. Karena memiliki tidur yang baik hanyalah langkah awal melangsingkan tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Agar Tidur Nyenyak Dan Langsing

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!