6 Cara Diet Sehat Untuk Pekerja Kantoran

Mempunyai tubuh yang sehat dan ideal memang dambaan setiap orang, tidak terkecuali para pekerja kantor. Sebagai pekerja kantor yang hampir sebagian besar waktunya dihabiskan dibelakang meja, terkadang memang malas rasanya untuk menggerakkan badan atau tidak begitu memperhatikan kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal para pekerja kantor sangat rentan terhadap obesitas. Lalu, apa yang perlu diperhatikan oleh para pekerja kantor agar bisa diet tanpa harus mempersulit kesibukan? dilansir dari health24.com, beberapa cara diet sehat untuk pekerja kantoran :

Lima Porsi Per Hari

Cara diet sehat untuk pekerja kantoran yang pertama adalah lima porsi sehari. Apakah yang dimaksud dengan lima porsi per hari ini adalah porsi makan anda? eits, jangan salah tangkap! Lima porsi per hari disini adalah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang masuk ke dalam tubuh anda, sebagai pengganti makanan berat atau karbohidrat. Mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak lima kali sehari juga dapat mencegah penyakit liver, kanker dan obesitas. Buah dan sayur banyak mengandung nutrisi yang dapat memproteksi tubuh anda karena terdiri dari unsur vitamin, bioflavonoids dan dietary fiber.


programdetoksifikasi

 

Bagi anda para pekerja kantor yang memulai diet, anda dapat memilih buah atau sayuran berwarna hijau tua atau kuning tua seperti apricot, melon kuning, mangga, wortel, labu, brokoli, bayam, maupun ubi untuk membantu menambah betacarotin. Sedangkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan vitamin C, anda dapat mengkonsumsi jeruk, pepaya, jambu, strawberry, segala bentuk buah beri, brokoli maupun kubis.

Mengkonsumsi Ikan Selama Tiga atau Beberapa Kali dalam Seminggu

Menurut penelitian, seseorang yang mengkonsumsi ikan sebanyak tiga maupun lebih dalam seminggu memiliki konsekuensi rendah terserang penyakit hati dan dapat mendegenerasi virus-virus penyakit. Omega 3 dan fatty acid banyak terkandung di dalam ikan, yang mana dapat memproteksi anda dari segala macam penyakit dan dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Sandwich roti gandum atau salad dengan ikan tuna, salmon maupun tengiri merupakan salah satu menu makan siang terbaik untuk diet anda. Jangan lupa, setelah makan siang dengan menu ikan, sikatlah gigi anda atau kunyahlah permen penyegar mulut agar anda tidak menakuti klien maupun rekan kerja anda dengan bau mulut!

Suplemen Vitamin dan Mineral

Apabila anda seorang konsumen diet seimbang, mungkin anda tidak terlalu membutuhkan suplemen. Namun bagi anda pekerja dan melaksanakan kegiatan diet, tenaga anda pasti akan terserap sehingga anda mudah lelah, depresi, emosi labil dan mudah sakit. Terkadang, ada yang dapat mengatasinya dengan istirahat seharian dan tidak bekerja, melakukan meditasi atau terapi, namun apabila hal tersebut ternyata tidak berpengaruh, maka anda memang butuh suplemen multivitamin dan mineral.

Anda dapat mengkonsumsi vitamin B kompleks dan vitamin C untuk menambah stabilitas dan daya tahan tubuh anda. Namun hati-hati, jangan sampai overdosis! Suplemen berbentuk tablet memang sangat praktis dan mudah diminum, namun anda tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 3 kali sehari. Cukup satu kali sehari, itupun dapat membantu memulihkan kondisi tubuh anda.

Lebih Proaktif dalam Memilih Makan Siang

Mungkin makanan kantin maupun makanan pinggiran belakang kantor lebih menarik dimakan dibanding bekal buatan sendiri. Namun jangan salah, apa yang terlihat tidak selamanya baik untuk kesehatan. Biasanya, makanan yang tersedia di belakang kantor ataupun kantin selain tidak memperhatikan kebersihan, mereka juga abai dalam kandungan nutrisi. Bagaimana tidak abai, mereka memasak dengan porsi besar sehingga tidak memperdulikan lagi kandungan nutrisi. Malahan, minyak yang dipakai bisa sampai berkali-kali. Maka, untuk makan siang anda harus lebih bijaksana. Lebih baik membawa bekal untuk diet sehat anda.

Konsumsi Serat

Cara diet sehat untuk pekerja kantoran berikutnya adalah mengkonsumsi banyak serat. Seseorang yang bekerja di belakang meja dan menghadap komputer hampir setiap hari dan mengkonsumsi makanan kurang serat sangat rentan terkena konstipasi. Apabila sudah terkena konstipasi, obat pencahar memang sangat praktis digunakan namun jadikanlah itu pilihan alternatif yang sangat darurat.

Untuk pencegahan, anda harus perbanyak makan makanan berserat. Makanan berserat juga baik untuk pencernaan serta meluruhkan lemak-lemak tak jenuh dari tubuh anda sehingga tubuh anda tetap sehat dan terjaga dari kolesterol.

Konsultasi Dengan Ahli Gizi Mengenai Diet Sehat

Cara diet sehat untuk pekerja kantoran yang terakhir adalah konsultasi dengan ahli gizi. Apabila anda masih belum bisa mengatur diet anda dan masih menghadapi seperti obesitas, diabetes, penyakit hati, alergi makanan, gangguan makanan ( anoreksia maupun bulimia ) sampai anemia, maka sepertinya anda memang butuh pertolongan ahli. Jangan hanya mendengar saran-saran dari teman atau saran dari sesepuh maupun cerita-cerita di internet “bagaimana cara ini-itu” tetapi anda harus langsung datang kepada ahli gizi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi maupun diet klinis.

Itulah 6 cara diet sehat untuk pekerja kantoran. Biasanya yang dihadapi oleh pekerja kantoran sukses atau tidaknya melakukan diet sehat adalah kebiasaan makan dan gaya hidup mereka, apakah mereka mau melaksanakan gaya hidup sehat dan makan-makanan yang bergizi atau tetapi tidak peduli terhadap kesehatan. Bagimana dengan anda?


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!